1001 Tentang Cinta: Move On!

Friday, July 22, 2016   Nathan Bravian   2 komentar
Sebenarnya artikel ini mau saya upload dalam 2 minggu setelah peluncuran artikel sebelumnya. Tapi setelah melihat reaksi dari teman-teman yang contact saya, ternyata responnya pun cukup positif. Ya, mengapa tidak, untuk di post lebih cepat :D so, enjoy..


Welcome back, di seri 1001 Tentang Cinta. Sebuah seri dari pengalaman absurd dan sahabat super yang sudah memberikan masukan dan ide cerita serta ada beberapa yang konsultasi sesat.

Yapp setelah seri sebelumnya membahas tentang ditolak dan patah hati ria. Tiba saatnya untuk Bangkit dan menjalankan hidup seperti orang normal kebanyakan kita menginjak fase baru yang dinamakan Move On.. Sebenarnya, definisi harafiah dari Move On adalah melanjutkan. Kalau saya mengartikan menurut bahasa saya sendiri, (berasa soal bahasa Indonesia)
Move on adalah Fase dimana kita melanjutkan hidup seperti dahulu kala, tanpa kehadiran si dia.

Tapi banyak ABeGe yang galau level dewa, sehingga salah mengartikan tentang Move On ini, sehingga menodai makna suci dari move on. Antara lain definisi nyeleneh dari Move On yang pernah saya tau:

Move On adalah : …
  • Melupakan mantan dan bergalau ria
  • Proses mencari seseorang baru jadi pelarian
  • Membenci mantan tapi kalo ditanya orang, katanya baik-baik aja
  • Mencari pelarian dan melampiaskan kekesalan pada korban

Sadis banget. Tapi itu fakta, dan masalahnya persepsi seperti ini yang membuat move on menjadi sesuatu yang horror dan fase tersulit. Boleh lah kita galau ria karena diputusin. Tapi seperti kata-kata saya di artikel sebelumnya, Life Must Go On. Kalo kata orang-orang hidup ini adalah sandiwara, kalo gitu kata-katanya jadi gini The Show Must Go On. Yapp kita adalah pemeran utama dan kalo kita gak main, kasian para penonton yang melihat aksi kita di panggung sandiwara ini.

Bukan Nathan kalo gak ngomel terus ngasih tips. Ini merupakan tips akan saya bagi dua. Dari cara menyelamatkan diri dari kegalauan seusai putus cinta dan cara move on. Yo langsung saja..

  • Galau boleh, tapi jangan berlebihan

Sesuai dengan lagu bang Rhoma Irama, Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Apakah anda menemukan kecocokan antara galau dan begadang ?? Kalau gak tau tenang, saya sebenarnya juga gak tau. Tapi saya cocok-cocokan saja, siapa tau jodoh *eh

Galau itu sama dengan Begadang, karena merupakan kegiatan yang gak penting dan menguras waktu, boleh lah sekali-kali galau atau gak begadang. Misal begadang untuk ngerjain tugas, begadang ngeronda. Tapi tetep begadang merupakan sesuatu yang kurang baik, apalagi untuk ngerjain tugas. Sama halnya seperti galau, boleh lah kalian galau habis diputusin atau pulsa kalian habis buat nelpon customer service operator di malam minggu.

Pada dasarnya kedua hal tersebut merupakan hal yang kurang baik. Begadang pun tidak baik untuk kesehaatan, dengarkan kata Bang Haji. Galau pun tak baik. Kalo gitu, efek samping galau kita bahas di next post.

  • Bahagiakan dirimu

Ini merupakan salah satu kunci dalam menjalankan Move On. Karena sebelumnya kita sudah bersedih karena patah hati. Tiba saatnya untuk bahagia. Lakukan apapun yang membuat kalian bahagia. Pokoknya jangan yang membahayakan dan merugikan orang lain, atau yang akrab disebut bersenang-senang diatas penderitaan orang lain. Itu DOSA.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan, yang suka mincing silahkan mancing, tapi jangan seempang di embat sendiri dengan cara mancing yang salah dari kodratnya, dengan menggunakan jala seluas 40m2. Itu ngerampok namanya.

Bagi yang suka main musik silahkan bersedih dulu dengan memainkan musik bernada dasar minor, tapi buatlah yang megah a la orchestra nya Adie MS. Jangan fals, karena bisa menyebabkan kebutaan pendengaran, dan kebutaan mata hati. Setelah bersedih dengan nada minor, sekarang waktunya untuk berbahagia dengan memainkan lagu bernada dasar mayor, yang bisa membuat orang bahagia bersama-sama. Dobel Pahala, buat diri sendiri bahagia dan orang lain bahagia.

Banyak juga karya yang dihasilkan dari kegalauan, kaya lagunya mba Adele itukan rata-rata dari kisahnya mba Adele. Akhirnya Mba’e pun bahagia karena dapat uang banyak dari hasil karyanya. Mantannya ?? Mungkin sedang tiduran di rel kereta kecamatan Seattle.

Karena kalau kita sering galau, bisa sakit karena stress. Inget, hati yang gembira adalah obat. Berarti, hati yang sedih adalah racun. So, Berbahagialah!

Itu adalah 2 langkah awal, penanganan dini terhadap kegalauan. Atau yang akrab saya sebut. P3K (Pertolongan Pertama Pada Kegalauan).. Sekarang lanjut ke tips move on yang pasti kalian tunggu, para galauers yang ingin lepas dari belenggu mantan kampret!

Yang pertama, Dalam menjalankan kegiatan yang kita sebut MODBM (Move On Dari Belenggu Mantan) yang perlu kita lakukan adalah: Niat dan Doa. Karena tanpa niat kita takbisa menjalankan kegiatan ini. Doa pun merupakan salah satu aspek penting dari move on ini. Karena kita pasti butuh Tuhan yang akan melancarkan segala proses ini. Soal niat, kemauan dan tekad ini harus timbul dari dalam hati, tanpa paksaan, dan mendapatkan dukungan dari orang yang kita percaya.

  • Kenapa harus dari orang yang kita percaya ?

Agar niat kita untuk mendapatkan kebebasan ini, tidak diganggu oleh orang yang berniat untuk memanfaatkannya. Maksudnya memanfaatkan ? Misal, si Nita ingin move on dari mantannya yang selingkuhin dia. Lalu Nita meminta bantuan pada Suprapto agar bisa memandu dia dalam proses move on. Kenapa Nita minta bantuan Suprapto ? Karena mereka berdua sudah saling kenal sejak dalam kandungan ibu mereka masing-masing. Jadi Nita sangat percaya pada Suprapto. Suprapto yang tau Nita sudah putus, langsung meloncat kegirangan hingga kepalanya menembus langit-langit kamar dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Hewan Ragunan untuk di vaksin rabies. Kasian Suprapto. Sepulangnya dari rumah sakit, Suprapto pun langsung me-faksimil Nita, menanyakan kepastian apakah Nita jadi move on, dan Nita pun mengatakan ‘Masih’.

Langsung suprapto dengan semangat kepahlawanan membimbing Nita, mengajaknya untuk membahas sesuatu yang seru dan mengalihkan fokus Nita. Tapi Suprapto pun tak bisa memungkiri, bahwa ia terjebak cinta lokasi. Suprapto jadian dengan satpam komplek, karena sering ronda bareng Suprapto pun bingung, harus bagaimana. Seketika itu juga dia memutar lagu Cherrybelle – Dilema. Suprapto pun mulai ‘ngode’ kepada Nita. Akhirnya dari yang membantu move on, malah menjadi PDKT dadakan. Ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan.

Jadi, pintarlah seleksilah orang yang akan menjadi ‘promotor’ kalian dari kegiatan move on ini. Agar MODBM ini dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya kita masuk pada tahapan inti. Yok BAKAR RUMAH TETANGGA SEMANGAT KALIAN. Persiapkan diri untuk masa depan cerah dengan join bisnis ini mengikuti tips ini. Sudah banyak yang berhasil, saya pun memakai tips ini. Kalian kapan ??

Kunci dari move on adalah merelakan/mengikhlaskan doi. Bukan melupakan atau memaksa menghapus memori dengan doi menggunakan tombol delete di keyboard, serta menancapkan kabel usb di kepala kalian. Atau yang agak esktrim, dengan membenturkan kepala di jalan hingga berdarah, berharap amnesia malah benjol semua. Atau yang gak punya nyali terlalu besar, memilih membenturkan kepala di bantal. Itu gak mempan, malah nyetrum dan membahayakan kalian. Ingat, SAFETY FIRST. Tips ini bisa diaplikasikan bagi kalian yang putus ataupun yang ditolak, bahkan yang ditolak sebelum nembak.

Kalian pasti punya kenangan indah bersama doi, waktu menjalin hubungan entah itu ngegebet atau pas pacaran. Kalo kalian emang serius pasti lebih dari sebulan lah, menurut beberapa artikel saya sebelumnya,
Hal yang dilakukan lebih dari 21 hari telah menjadi kebiasaan
Dimana-mana kebiasaan merupakan sesuatu yang sudah melekat dan kadang sulit untuk dirubah, diperlukan usaha ekstra. Tapi kalo udah diiringi niat dan doa, pasti bisa! Yang perlu kalian ingat adalah Jangan Memaksa Melupakan Orangnya. Karena sampai kapanpun dia tetap dia, kecuali dia punya kekuatan super sehingga ia menjadi superhero pembela kebenaran.
  • Lalu bagaimana caranya ?

Lupakan kenangannya, biarkan berjalan seiring berjalannya waktu. Relakan ia jika dia bersama yang lain. Cobalah terima kenyataan dengan lapang dada. Memang pada awalnya akan berat. Carilah kesibukan yang bisa mengalihkan pikiranmu dari dia. Bahagiakan dirimu dan bersenang-senanglah. Kejarlah masa depan yang menantimu didepan sana..

Itu  yang sementara ini bisa saya share, bagi kalian yang missal kurang paham atau ada problema soal Move On atau permasalahan lain bisa langsung tulis di kolom komentar, email saya, atau langsung kirimi pesan saya via Line.


Cukup segitu yang bisa saya sampaikan untuk saat ini. Sukses Move On!!. Ciao!
--
Ps: sebentar lagi ada yang baru di blog ini. Sesuatu yang revolusioner dan akan mengubah hidup anda. SUPER.

2 comments:

  1. kalo mau melupakan caranya adalah cari yang lain
    hati itu akan lebih mudah melupakan sesuatu jika ada gantinya :D
    #pengalamanpribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk bener banget. tapi kalo anak sekarang banyak diartikan jadi pelampiasan mas. kasian yang dilampiaskan

      Delete